Era globalisasi dan modernisasi
saat ini menuntut dunia usaha untuk memberikan layanan yang memanjakan para
pelanggannya. Suatu perusahaan akan survive bila dapat mengembangkan produknya
sesuai bahkan melebihi harapan dan keinginan calon pelanggaan maupun
pelanggannya. Untuk dapat terus memenuhi harapan pelanggan, maka suatu
perusahaan harus terus melakukan inovasi dan improvisasi terhadap
produk/layanan yang dimilikinya. Seperti pepatah “perubahan selalu terjadi,
yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri”.
Begitu juga dengan PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk atau bank
BNI, dengan produk dan layanannya yang terus berusaha menjadi garda terdepan
dalam melayani calon nasabah maupun nasabah sesuai dengan motonya “Melayani
Negeri Kebanggaan Bangsa”. Di penghujung tahun 2015 bank BNI mengeluarkan sebuah
layanan ajaib #AskBNI yang merupakan layanan sesui dengan perkembangan
dunia digital dan multimedia yang dapat diakses melalui media twitter secara
cepat, tepat dan akurat.
Peluncuran BNI twitter hashtag
tersebut dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 2 Desember 2015 yang dihadiri
oleh Direktur Konsumer & Ritel BNI Anggoro Eko Cahyo dan Country Business
Head Twitter Indonesia Roy Arnold Simanggusong. Sasaran dari layanan ini adalah
calon nasabah dan nasabah Gen Y (Generasi Y). Nasabah Gen Y merupakan nasabah yang mayoritas
dalam kesehariannya tidak terlepas dari interaksi dengan media sosial tidak
terkecuali dengan dunia perbankan. Sampai saat ini nasabah gen Y BNI jumlahnya
telah mencapai 8,6 juta dengan pertumbuhan yang sangat cepat dan akan terus bertambah.
Layanan #AskBNI tidak hanya
memberikan informasi terbaru, tetapi juga informasi yang terbaik. Seperti
halnya ketika kita akan mengunjungi suatu tempat yang belum pernah kita
datangi, ada tiga hal yang kemungkinan dapat terjadi pada kita antara lain
yaitu :
- Terus mencari tempat tersebut tanpa harus bertanya pada seseorang sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan tempat tersebut.
- Bertanya pada seseorang, akan tetapi karena orang yang kita tanyai minim pengetahuan dapat menyebabkan waktu lebih lama untuk menemukan tempat tersebut bahkan mungkin juga dapat membuat kita menjadi tersesat.
- Bertanya pada sesorang yang mempunyai banyak pengetahuan mengenai tempat tersebut sehingga bukan hanya informasi jalan saja yang diinformasikan, tetapi jarak, alat transportasi, rintangan dan hambatan, sampai dengan budaya dan kondisi tempat yang akan kita kunjungi.
Dari ketiga hal diatas maka kita
harus menghindari kejadian no.1 dan no.2 karena akan dapat membuat kita
tersesat (pengalaman pribadi penulis). No.3 adalah kejadian yang diinginkan
oleh semua orang karena tidak hanya arah ketempat yang kita tuju saja yang
diberikan melainkan informasi terkait tempat yang kita tuju. Sama halnya dengan
layanan #AskBNI yang tidak hanya memberikan informasi dunia perbankan (produk
dan layanan BNI terkini), akan tetapi traveling, shopping, resto juga terdapat
di layanan ini.
Layanan #AskBNI merupakan layanan
multifungsi yang memanjakan para nasabahnya dengan informasi yang aktual, kompeten
dan akurat tanpa harus beranjak dari tempat kita sehingga kita dapat terhindar
dari informasi yang menyesatkan pada layanan abal-abal yang sering terjadi di
era Internet Online. Layanan ini juga merupakan layanan yang akan mengubah
budaya para nasabah agar “tidak malu bertanya, tidak sesat dijalan” dan
merupakan salah satu komitment PT BNI dalam “Melayani Negeri Kebanggan Bangsa”.
Untuk medapatkan layanan dari
twiter #AskBNI cukup mudah sekali, cukup ikuti cara dibawah ini:
- Terlebih dahulu harus mempunyai akun twitter dan mem-follow twitter @BNI46
- Untuk mendapatkan layanan, kirim DM (direct Massage) ke twitter @BNI46 dengan mengetik #AskBNI. Akan ada balasan via DM mengenai pendaftaran dan penggunaan fitur #AskBNI seperti contoh dibawah ini :
Sangat mudah, cepat dan effisen layanan yang ada pada akun Twitter BNI46. Layanan ini bukan cuma untuk nasabah BNI, akan tetapi calon nasabah pun juga bisa ikut menikmati layanan #AskBNI. Ini adalah layanan yang dapat menghapus budaya "Malu Bertanya Sesat Di Jalan, Salah bertanya Menyesatkan".
Tulisan ini di ikutkan dalam lomba Blogging Competition Twitter BNI46 #AskBNI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar