Minggu, 30 Agustus 2015

PERJALANAN WISATAKU KE SEGORO ANAK'AN PULAU SEMPU ADALAH PERJUANGANKU


Banyak orang mengatakan bahwa nasionalisme adalah perasaan bangga terhadap bangsa sehingga siap setiap saat untuk berjuang jika bangsa tersebut di langgar kedaulatannya. Ada pula yang mengatakan bahwa nasionalisme adalah suatu kegiatan atau tindakan untuk meraih sesuatu yang di inginkan sehingga dapat mengharumkan nama bangsa bukan hanya perjuangan untuk kemerdekaan saja tetapi juga perjuangan untuk meraih cita-cita, harapan, pekerjaan, cinta bahkan pendidikan.Tanpa mengurangi makna dari nasionalisme, bagi saya nasionalisme adalah suatu perwujudan bangga dan mencintai sesuatu sehingga kita akan berusaha untuk lebih mengenal sesuatu tersebut dalam suka maupun duka. Salah satunya adalah dengan mengunjungi tempat-tempat di Indonesia. 

Salah satu contoh nyata dalam nasionalisme ini adalah bangga terhadap tempat wisata di negara sendiri. Jika kita merasa bangga terhadap pariwisata secara otomatis akan membangun rasa untuk mencintai dan berusaha untuk mendatanginya. Seperti yang saya lakukan bersama rekan kerja di kantor dengan mengadakan rutinitas rekreasi ke tempat wisata di Indonesia walaupun masih di lingkup propinsi Jawa Timur. Tempat wisata yang pernah saya datangi diantaranya adalah pantai pasir putih Trenggalek, wisata Nasional Gunung Bromo, pantai Papuma Jember, Segoro Anak'an pulau Sempu Malang, pantai Tambak Rejo dan pantai Gondo Mayit di Blitar, Candi Penataran Blitar, dan Candi Brahu dan Vihara Budha Tidur di Mojokerto.

Diantara semua tempat rekreasi tersebut, yang paling berkesan adalah rekreasi ke Segoro Anak'an pulau Sempu di Malang. Bagaiamana tidak berkesan, untuk sampai ketempat lokasi saya dan teman-teman harus bersusah payah selama 2 jam melalui hutan lindung, naik turun dan jalan setapak seperti ketika pejuang kemerdekaan melakukan perang gerilya terhadap penjajah. Belum lagi, kami juga harus membawa bekal khususnya air minum dan makanan ganti karena lokasi wisata tidak terdapat warung. Berikut perjalanan wisataku adalah perjuanganku.

Untuk sampai ke lokasi Segoro Anak'an, kami terlebih dahulu harus menyeberang dari pantai Sendang Biru menuju pulau Sempu menggunakan perahu motor miliki nelayan setempat. Kami berlabuh di ujung utara pulau Sempu sedangkan tempat wisata berada di ujung selatan pulau. Perjalanan harus kami lanjutkan dengan jalan kaki karena ombak didekat Segoro Anak'an sangat besar dan dikelilingi karang yang tinggi sehingga sangat membahayakan jika menggunakan perahu motor.

Setelah perjalanan 5 menit dengan perahu motor, kami sampai di titik awal perjalanan menuju pulau sempu. Puji syukur kepada Tuhan karena pagi itu sekitar pukul 08:15 kondisi cuaca cerah atau tidak hujan. karena menurut informasi guide kami, jikalau kondisi hujan perjalanan menuju segoro Anak'an pulau Sempu membutuhkan waktu minimal 4 jam, itupun jika kondisi jalan setapak tidak membahayakan. Jika saya hitung sedikitnya perjalanan kami harus naik dan turun sebanyak 3 kali, itu yang sedikit menguras tenaga kami. Kondisinya sih masih alami, bahkan menurut penuturan guide perjalanan kami, masih sering di jumpai macan kumbang di kawasan ini.

 
Tidak bisa dibayangkan sejak awal perjalanan kami hampir tidak menemukan jalan setapak yang baik, kebanyakan kondisi jalan tidak beraturan dan terdapat batu cadas yang licin dan tajam sehingga para penjelajah harus ekstra hati-hati. Di tengah perjalanan kami sampai daerah yang terdapat batu karang yang agak tinggi, disini kami sempatkan untuk beristirahat sejenak untuk melemaskan kaki dan mengeringkan pakaian yang kami pakai karena tidak terasa hampir semuanya basah terkena keringat. Disini juga biasa dipakai para penjelalah untuk beristirahat khususnya ketika hujan tiba.
Mendekati kawasan segoro Anak'an, jalan terasa lebih berbahaya karena jalan yang sempit dan memiliki kemiringan tanah lebih dari 45 derajat sedangkan sisi bagian lain adalah lembah segoro Anak'an sehingga jika tidak konsentrasi maka kami bisa........byuuur (tercebur) itupun jika posisi jatuhnya di air tetapi jika jatuhnya berada di batu karang yang ada di segoro Anak'an ya........janganlah. Jika dibayangkan kondisi menuju ke segoro Anak'an pulau Sempu seperti jaman perjuangan kemerdekaan, dimana para pejuang harus bergerilya naik turun gunung bahkan hutan sekalipun untuk mempertahankan kemerdekaan, bedanya kondisi sekarang adalah berjuangan untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh pulau Sempu. Makanya bagi siapa saja yang tertarik untuk datang untuk berpetualang ke wisata segoro Anak'an pulau Sempu pesan dari saya "latihan fisik, latihan pernapasan, plus konsentrasi supaya perjalanan ke segoro Anak'an tidak menemui kendala yang berarti", serta jangan lupa berdoa agar selalu di limpahkan kesaelamatan. Amin
Kurang lebih pukul 10.05 kami sampai di wisata pantai segoro Anak'an pulau Sempu. Petualangan kami menyusuri hutan lindung pulau Sempu akhirnya terbayar sudah dengan keindahan yang ditawarkan di kawasan ini. Segoro anak'an atau yang biasa disebut Laguna segoro Anak'an memiliki hamparan pantai pasir putih sepanjang 300meter dan air jernih yang terhubung dengan air laut. kawasan ini dikelilingi hutan utara dan selatan karang yang berbatasan langsung dengan laut selatan. Kondisi kawasan ini masih alami dan terjaga kebersihannya sehingga para pengunjung betah berlama-lama di kawasan ini. Kondisi ini yang bertolak belakang dengan kondisi perjalanannya, karena untuk datang ketempat ini pengunjung disuguhkan petualangan alam liar yang masih alami. Saya jadi teringat kata-kata para petualang yang sering diliput di televisi "My Trip, My Adventure". Khusus bagi saya, bahwa perjalanan menuju segoro Anak'an mengingatkan saya akan masa kemerdekaan dimana prajurit kita harus menerapkan perang gerilya dari desa, kota bahkan hutan dan pegunungan selama beberapa hari tanpa memikirkan kondisi tubuh yang lelah dan sakit. Sekarang waktunya bagi saya dan generasi penerus yang lain untuk manjaga dan meneruskan semangat nasionalisme para pejuang yang gigih untuk mempertahankan kemerdekaan tanah air Indonesia dengan menjaga dan mencintai keindahan bumi pertiwi Indonesia ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar