Rabu, 09 September 2015

Mengenalkan Potensi Wisata Madura Melalui Fasilitas Jembatan Suramadu


sumber: http://mtftravex.com
Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan 2 pulau yaitu pulau Jawa dan pulau Madura. Jembatan ini memiliki panjang kurang lebih 5,4 km dan ditetapkan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Pembangunan jembatan Suramadu di mulai pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2009 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Kini jembatan Suramadu telah menjadi salah satu ikon pariwisata di Jawa Timur.
Sepertti jembatan penghubung pada umumnya, Suramadu diharapkan memberikan dampak positif bagi kedua daerah khususnya pulau Madura yang secara perekonomian sedikit dibawah Surabaya. Sejalan dengan itu, sudah 5 tahun dari beroperasinya Suramadu sampai sekarang ini masih belum begitu banyak dampak yang diterima khususnya oleh masyarakat Madura, membuat Pemerintah setempat harus secepatnya mengambil langkah-langkah untuk lebih mengenalkan potensi yang dimiliki oleh pulau Madura.
Melalui artikel ini diharapkan dapat memberikan sedikit masukan kepada pemerintah setempat khususnya Pemerintah Madura agar dapat dikenal lagi oleh msyarakat luas, antara lain sebagai berikut :

1. Pemasangan Banner yang berisi Wisata + potensi pulau Madura
Tidak dipungkiri, masih banyak wisatawan atau pengunjung jembatan Suramadu cuma hanya ingin melewati jembatan terpanjang di Indonesia ini, sehingga seringkali setelah menyeberang dari Surabaya ke Madura, pengunjung langsung menyeberang kembali ke Surabaya. Hal ini dikarenakan masih banyak orang awam yang belum mengenali potensi pulau Madura (khususnya pariwisata). Untuk itu pemerintah setempat perlu memasang banner pulau Madura dilengkapi dengan peta wisata dan kebudayaannya di pintu keluar jembatan Suramadu sisi Madura. Hal ini akan merangsang pengunjung untuk melihat dan memberi informasi sehingga akan menarik minat pengujung untuk mengeksplor pulau Madura.
sumber: http://plat-m.com & zkarnain.tripod.com/madura

2. Membangun/memperbaiki rest area dan stan-stan belanja yang ada.
Sebenarnya fasilitas ini sudah tersedia tetapi perlu perbaikan dan pengelolaan yang lebih teratur lagi. Sebuah stan belanja dan rest area yang nyaman akan dapat menarik pengunjung untuk singgah, apalagi pengunjung tersebut telah melakukan perjalanan jauh. Disini selain pengunjung dapat membeli oleh-oleh khas pulau Madura, mereka juga dapat menikmati keindahan kawasan Jembatan Suramadu.

sumber: www.oleolangresto.com

3. Membangun atau mempercantik taman di sekitar kawasan Suramadu.
Agar kawasan wisata dapat terus eksis dinikmati oleh pengunjung maka fasilitas ini mutlak diperlukan. Fasilitas taman dapat berupa taman bunga, taman bermain keluarga dan anak, atau area joging treck. Fasilitas taman ini dapat menarik pengunjung dari segala golongan bahkan pengunjung tidak akan bosan jika datang setiap minggunya.
sumber :http://plat-m.com

4. Membangun pemantauan di area kawasan Suramadu
Fungsi dari fasilitas ini adalah menikmati kawasan Suramadu dari tempat ketinggian, sehingga lokasi yang dipilih juga daerah yang paling tinggi di area kawasan Suramadu. Fasilitas ini akan sangat terasa sekali ketika malam hari karena selain melihat pemandangan Suramadu pengunjung juga dapat menikmati keindahan gemerlap lampu kota Surabaya dari sisi Madura.

5. Membangun Wahana Wisata Air di Kawasan Suramadu.
Jembatan Suramadu adalah jembatan penghubung daratan yang dipisahkan oleh laut sehingga akan lengkap jika kawasan Suramadu dilengkapi Wisata air. Para pengunjung akan di manjakan pemandangan jembatan Suramadu dari atas air sehingga akan memberi pengalaman yang berbeda dalam kunjungannya. Dalam hal ini pemerintah setempat harus bekerja sama dengan nelayan sekitar dalam pengelolaan dan pengadaan kapal sewaan sehingga selain nelayan dapat penghasilan tambahan, pemandangan sekitar wisata tidak terkesan amburadul

6. Menambah fasilitas keamanan (CCTV+penjaga), ibadah, parkir, toilet dan tempat sampah
Keberadaan fasilitas diatas adalah wajib hukumnya jika suatu kawasan dijadikan tempat wisata. Fasilitas-fasilitas tersebut akan memberikan rasa nyaman bagi pengunjung ketika berwisata di kawasan Suramadu.

Dengan adanya fasilitas diatas diharapkan mampu mendongkrak potensi Wisata Suramadu khususnya sisi Madura sehingga kedepan Potensi Wisata Madura akan lebih terekspose di wilayah Jawa Timur, dan Indonesia pada Umumnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar